CIRI-CIRI dan PRINSIP PEMBELAJARAN PAIKEM
Dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan strategi pembelajaran yang sangat baik dan cocok untuk situasi dan kondisi siswa. Strategi yang sangat cocok dan menarik peserta didik dalam pembelajaran sekarang ini dikenal dengan nama PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan).
PAKEM adalah sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengejakan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan keterampilan dan pemahaman dengan penekanan kepada belajar sambil bekerja, sementara guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif.
A. ALASAN PENERAPAN PAKEM
PAKEM diterapkan dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran model konvensional dinilai menjemukan, kurang menarik bagi para peserta didik sehingga berakibat kurang optimalnya penguasaan
materi bagi peserta didik.
B. CIRI-CIRI / KARAKTERISTIK PAKEM
Ciri-ciri/karakteristik PAKEM adalah:
a. Pembelajarannya mengaktifkan peserta didik
b. Mendorong kreativitas peserta didik &guru
c. Pembelajarannya efektif
d. Pembelajarannya menyenangkan utamanya bagi peserta didik
C. PRINSIP PAKEM
Prinsip PAKEM antara lain:
1. Mengalami: peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental maupun emosional
2. Komunikasi: kegiatan pembelajaran memungkinkan terjadinya komunikasi antara guru dan peserta diidik
3. Interaksi: kegiatan pembelajarannyaa memungkinkan terjadinya interaksi multi arah
4. Refkesi: kegiatan pembelajarannya memungkinkan peserta didik memikirkan kembali apa yang telah dilakukan
D. JENIS PENILAIAN SESUAI DG PEMBELAJARAN MODEL PAKEM
1. Penilaian yang sesuai dengan pembelajaran model Pakem adalah penilaian otentik yang merupakan proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran telah benar-benar dikuasai dan dicapai.
2. Tujuan Penilaian otentik itu sendiri adalah untuk: (a) Menilai Kemampuan Individual melalui tugas tertentu; (b) Menentukan kebutuhan pembelajaran; (c) Membantu dan mendorong siswa; (d) Membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baik; (e) Menentukan strategi pembelajaran; (f) Akuntabilitas lembaga; dan (g) Meningkatkan kualitas pendidikan.
3. Bentuk penilaian tes dapat dilakukan secara lisan, tertulis, dan perbuatan. Sementara itu, bentuk penilaian non tes dilakukan dengan menggunakan skala sikap, cek lis, kuesioner, studi kasus, dan portofolio.
4. Dalam pembelajaran, dengan pendekatan Pakem rangkaian penilaian ini seyogiayanya dilakukan oleh seorang guru. Hal ini disebabkan setiap jenis atau bentuk penilaian tersebut memiliki beberapa kelemahan selain keunggulan.
E. TUJUAN PENILAIAN PEMBELAJARAN MODEL PAKEM
1. Menilai kemampuan individual melalui tugas tertentu
2. Menentukan kebutuhan pembelajaran
3. Membantu dan mendorong siswa
4. Membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baik
5. Menentukan strategi pembelajaran
6. Akuntabilitas lembaga
7. Meningkatkan kualitas pendidikan
F. MERANCANG DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN PEMBELAJARAN MODEL PAKEM
1. Merancang penilaian dilakukan bersamaan dengan merancang pembelajaran tersebut. Penilaian disesuaikan dengan pendekatan dan metode yang dilaksanakan dalam pembelajaran.
2. Dalam pembelajaran dengan pendekatan model Pakem, penilaian dirancang sebagaimana dengan penilaian otentik. Artinya, selama pembelajaran itu berlangsung, guru selain sebagai fasilitator juga melakukan penilaian dengan berbagai alat yang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan oleh siswa.
Pages
"Janganlah kegelisahanmu itu hanya untuk mencapai yang belum kau miliki. Gelisahlah jika engkau belum bermanfaat bagi sesamamu."
Ciri dan Prinsip PAIKEM
Diposting oleh
monicasmp18.blogspot.com
Sabtu, 23 Juni 2012
Disusun dari berbagai sumber
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Blog Subscription
Search this blog
gambar animasi
Blogger templates
Popular Posts
-
Cara Melakukan Cek SKTP di P2TK Dikdas MENURUT Petunjuk Tekhnis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru 2013, Tunjangan profesi disalu...
-
CIRI-CIRI dan PRINSIP PEMBELAJARAN PAIKEM Dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan strategi pembelajaran yang sangat baik dan coc...
-
GURU SERTIFIKASI: Cek Data Anda di P2TK DIKDAS, atau TPP Anda Hangus Jumat, 01 Maret 2013 0 komentar PEJALAN-SUNYI | MUNGKIN...
-
Rabu, 27 Februari 2013 MENAMPILKAN KURSOR ANIMASI PADA BLOG kali ini mengenai cara menampilkan kursor animasi di blog . Denga...
-
Cara Membuat Efek Salju, Daun, Bintang Berjatuhan Berbagai macam widget dan gadget banyak digunakan untuk menghiasi d...
-
KUMPULAN BEBERAPA ANIMASI UNTUK MEMPERCANTIK BLOGGER Jika sobat berminat untuk memasangnya, silahkan ikuti caranya berikut in...
-
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) A.PENDAHULUAN Kegiatan penelitian menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru...
-
Cara Mengganti Template Blog (Mengubah Tampilan) Posted by CB Blogger Panduan cara mengganti template blog (mengubah tampil...
-
CARA MEMASUKKAN FILE POWER POINT DALAM BLOG Kadang bagi pemula masih bingung bagaimana caranya memasukkan file PP ke dalam blog/web...
-
Cara Memasukan Video Youtube ke Blog Menggunakan Kode Link Buka youtube - cari video yang ingin dimasukkan ke postingan blog kalian ...
Blog Archive
"Chantik Bunga"
"Chantik Bunga Decoration"
Wedding Sutra & Andi
"Chantik Bunga Decoration"
About
"Chantik Bunga Decoration"
Pages
Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar